Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ulasan Singkat Pertandingan Liverpool vs Burnley

Burnley Ulet dan Keras Tetapi Tidak Cukup Untuk Menjatuhkan Liverpool

1. Awal babak pertama Burnley langsung melakukan pressing dari lini tengah, agaknya ini taktik yg sudah dirancang Sean Dyche untuk merusak irama permainan Liverpool. Dan 10 menit pertama agaknya berhasil menghadang kecepatan Liverpool. Tetapi ini hanya soal waktu yang tertunda. Menunda Liverpool di Anfield mungkin bisa, tapi tidak untuk menguasai. 

2. Dengan lini tengah banyak diganggu oleh McNeill dan Tarkowski, maka Hendo dan Keita tidak bermain nyaman. Strategi yang telah disiapkan Klopp memang terganggu. Dan serangan balik serta permainan sayap kiri Burnley terasa hidup. Untunglah Matip dan Van Dijk serta Alisson bermain taktis di babak pertama. 

3. Setelah 10 menit berlalu Liverpool mulai menemukan irama di lini tengah. Dua wing back Liverpool bermain bagus. Tsimikas beberapa kali mementahkan serangan one two touch Burnley dengan tenang, Keita dan Elliot juga bermain bagus sehingga lini tengah secara dominan dikuasai Liverpool. TAA dan Tsimikas memborbardir pertahanan Burnley dengan crossing dan passing-passing yang menusuk. 

4. Skema gol Jota adalah buah lini tengah yang memperagakan cara bergerak antara pemain dan bola yang seirama, sehingga sulit bagi Tarkowski dan Ben Mee untuk mendeteksi semua pemain Liverpool yang berada di kota 16 mereka. Dan terlepaslah Tsimikas yang tanpa dijaga mensetting sebuah crossing yang jitu, Jota yang diapit 3 pemain melakukan heading terukur dan gol tercipta dengan bagus.

5. Babak kedua permainan Liverpool tetap bagus dan semua lini seakan hidup, baik ketika menguasai bola maupun tanpa bola dengan menguasai ruang kosong. TAA dan Tsimikas dua sayap yang bermain luar biasa. Passing dan crossing mereka berdua merupakan sajian yang paling dominan. Tsimikas bermain ulet bahkan ketika dia sudah mengalami sedikit masalah pada bahunya. 

6. Elliot dibabak kedua justru semakin bagus sentuhan bola dan gerakan cepatnya. Elliot memang istimewa malam ini. Dia berani dan percaya diri untuk mengeksekusi bola dari kakinya. Hit and run nya begitu bagus. Setelah bola dipassing, dia lalu bergerak cepat di ruang kosong.

7.  Long passing Van Dijk juga sangat istimewa, Mo. Salah, Elliot, juga Tsimikasi dengan sangat baik juga sering mampu menerima long passing Van Dijk. Gol kedua Liverpool yang dicetak Sadio Mane juga awalnya dari long passing Van Dijk ini. Ini khas Jurgen Klopp. Salah satu cara serangan balik yang mematikan. Matip juga banyak memenangkan duel udara, kontrol bola dan dribel nya malam ini begitu mengagumkan. 

8. Simpul yang kita lihat malam ini adalah semua lini permainan Liverpool mampu tampil bagus. Perlawanan keras dan ulet dari Burnley banyak dimentahkan Alisson yang malam ini juga layak diberi nilai 9. 

Sepanjang skuad Liverpool terhindar dari cedera, maka tim ini masih layak diperhitungkan musim ini. Memang masih pekan kedua, namun jika line up dan pemain yang di bench tidak banyak yang cedera, maka skema taktik dan sajian bentuk permainan Jurgen Klopp musim ini cukup impresif dan tajam. Klopp memadukan kecepatan gerak tubuh dan bola serta akurasi passing yang tinggi. Semua pemain berpikir cepat dalam mengambil keputusan, sehingga tidak banyak mendelay permainan. Ini terlihat padu di dua laga awal musim ini. 

Baca juga : Kisah Mohamed Salah dari Kampung Terpencil ke Panggung Dunia

Menang dua gol dengan cleensheet dari Burnley yang ulet, layak jadi semangat untuk tetap di level 'on fire' untuk persiapan menjamu Chelsea pekan depan di Anfield.

Semoga pertandingan pekan berikutnya bisa lebih bagus lagi!


Sumber FB : Liverpool and Lover